Random Template

17.3.13

Boster Pemancar FM push-pull 220 Watt







Sekitar bulan agustus 2007 , kita sama anak2 merakit boster untuk Pemancar FM . Untuk Radio Komunitas SMKN 2 Probolinggo. Transistor pakai 2SC 2694 push-pull. Ketika di Tune mampu keluar daya sekitar 200W - 220W ( dengan beban Dummy Load).

Nih fotonya.....

Menurut pengalaman ( mungkin teman2 punya pengalaman lain...) kalau kita merakit boster atau pemancar lebih baik jika melihat langsung barang yang udah jadi. Dengan melihat gambar skema saja tidak cukup. Tahu sendiri khan, kita bekerja pada frekuensi sangat tinggi VHF. Jalur PCB atau kabel yang terlalu panjang, sudah mempunyai reaktansi induktif yang tidak bisa diabaikan. Jika mau diperhatikan Jenis PCB juga tak boleh sembarangan, gunakan yang jenis Fiber dan double side (untuk groundplane).
Satu lagi yang bikin frustasi dalam merakit RF adalah adanya self oscillation / berosilasi sendiri. Desain PCB dan tata letak akan sangat berpengaruh di sini, penggunaaan capacitor filter dan ferrite bead sangat efektif untuk meredam osilasi yang tidak dikehendaki.