Random Template

19.4.13

NEW PLL 88-108 MHz Full ENKODER STEREO

Ternyata Sistem Up-Down pun juga bisa  kita terapakan pada PLL TC9122, sehingga tidak menggunakan Dip switch lagi.ataupun model rotary switch sebagaimana model pesawat ICOM 2N. Ada tambahan Display Seven Segment sebagai Indikator frekuensi kerja PLL lagi. Berikut disain PCBnya....



NEW PLL 88-108 MHz Full ENKODER STEREO

on Rabu, 12 September 2012
Desain PLL yang satu ini lebih kompak, dalam satu PCB sudah tercakup Stereo koder, juga output daya RF sudah termasuk memadahi ,2W dan tentunya dilengkapi pula dengan LPF dibagian akhir tringkat penguat. Jika ingin ditambahkan asesoris semisal Counter Display. tinggal di sisipkan saja ke soket yang sudah disiapakan sesuai rancangan.
Berbeda dari yang sebelumnya, biasanya untuk mendisain memakai Sprint Layout, kali ini disain PLL menggunakan software DIP Trace, agar memberi nuansa berbeda saja.

Veronca oh Veronika

on Kamis, 03 Mei 2012
Saya mengenal PLL  ya sama mbak Veronika ini, tepatnya di penghujung tahun 2004, ada rasa dak dig duk karena pertamakalinya menjalin hubungan cinta dengan dia, he..he.., kebetulan dikenalin sama temen yang datang ke rumah bawa veronika. yang trobel, permasalahannya si vero ga mau lock, wong belum ngerti tentang PLL ya tidak bisa berbuat apa-apa buat mbak vero. Saklar dip saya pindah-pindah, lilitan dan tc OSC  di utak-atik, tidak pengaruh, mbak vero tetep tidak mau lock.
Perasaan hancur luluh karena mbak Vero, oh Veronika ternyata jalinan kita haruskah berakhir dulu sampai disini, dan juga karena kesibukan aktifitas akhirnya saya tinggalkan. Dua tahun kemudian saya menemukan penggantinya, TC9122 wkwkwk...Begitulah kisah cintaku kala bersama mbak Vero.


Kepribadian Veronika
Setelah sekian lama selama 5 tahun saya tinggalkan, lama sekali tidak kedengaran nama Vero, perasaan rindu juga rasa penasaran, akhirnya ku dekati lagi si Vero, ternyata oh begitulah kepribadian Veronika, locknya bikin dak dig duk,.. harus sabar, Lha sudah lock, pindah frekuensi culek osc, lock lagi. Veronica oh Veronika.
Veronica Double Varaktor

Usia Veronikaku
PCB ku ini ternyata sudah delapan tahun usianya, dari akhir tahun 2004 dan sekarang 2012. Setelah saya cuci dengan air sabun, waau!...tampak kinclong kembali, transparan lagi, karena berbahan fiber. Belum sempat untuk melengkapi komponen sampai sekarang. Padat aktifitas, maka, penyaluran hobby waktu itu vakum. Eh...ternyata sudah mincul yang terbaru versi double varaktor.
Kapan-kapan kalau sudah saya rakit akan saya share....atau ada yang mau coba rakit silahkan! saya kasih filenya. kalau pcbnya jangan he..he...
Duet Maut Veronika. a) veronika dengan TC9122, b) veronika standar


PLL dengan Display 7Segmen

on Senin, 30 April 2012
ok







Exciter PLL ini sudah kompatibel dengan daya out 1W hingga 3 Watt. Pada gambar di atas diperlihatkan out daya 1W dengan menerapkan transistor C1970, dan Hebatnya meskipun penguat akhir C1970 dalam kenyataan hasil ujicoba ternyata mampu mendriv power amplifier RF besar yaitu C1946, sebagaimana seharusnya yang digunakan adalah C1947, hal ini karena diterapkan LPF pada penguat akhir. Berarti C1970 keluar maksimal 2 watt lebih dikit. tanpa ada perbedaan yang sangat mencolok dengan C1947.

PLL FM ku sudah jadi

on Kamis, 23 Februari 2012
Masih ingat dipostingan saya dulu membuat Layout PCB Exciter FM 2Watt. coba buka kembali. Ok, sekarang PCBnya sudah jadi sungguhan. Hayo siapa yang tertarik untuk membuatnya?...
Ada beberapa penyesuaian atau perubahan sedikit  ya dari disain yang dulu. Terpenting rangkaiannya masih sama,  hanya perubahan posisi C1970, dan juga perubahan pada kelas penguat, dulu menggunakan RFC untuk beresonansi pada 50 ohm dan yang sekarang menggunakan bias basis 0.6V pada titik BE agar lebih good gitu. Ini dia penampakannya

Buat Layout PLL MC145151P1

on Rabu, 21 Desember 2011
Setelah beberapa hari lalu sudah diposting PLL MC145151P1 namun PCBnya hasil goresan kater, sehingga terkesan kurang menarik, meski kualitas hasilnya sama saja, Oleh karena itu tergerak pula untuk meneruskan untuk membuat layoutnya dengan komputer agar lebih Jos Gandos..begitu.
Okre yuk langsung saja kita lihat disain PCBnya.

MC 145151P1, PLL Goresan Pisau Kater

on Minggu, 18 Desember 2011

Berikut ini penampakan Exiter FM yang jalur PCBnya dibuat oleh goresan-goresan pisau kater. Keren juga ya hasilnya... untuk sebuah karya solder semalem suntup, alias dilembur dari jam 9 malem dan paginya jelang shubuh sudah final alias rampung.
Untuk PLLnya menggunakan MC14151P1 yang lebih praktis untuk dibuat, karena Detektor Phasa, Osilator Referensi, dan N Programmable Dividernya sudah ada di IC tersebut. Prescaler yang digunakan IC LB3500 yang terpaksa ngambil dari frekuensi Konter FM gitu ceritanya. Frekuensi kristalnya digunakan 12.8 MHz pas kebetulan punya Eks dari pesawat 2 m.

Membuat Layout PCB PLL Exciter FM 2 Watt

on Sabtu, 20 Agustus 2011

Beberapa waktu yang lalu sudah pernah dibahas tentang membuat layout dan merakit pemancar 1.5 watt FM dan stereo lagi, Cuma pemancar ini punya kelemahan yaitu frekuensi kerja tidak bisa stabil, suka jalan-jalan ngabuburut sendiri, he..he..nunggu buka puasa kali ya! Kadang pagi di atas, tau-tau siangnya di bawah, malamnya naik lagi... Itulah kendalanya, hal ini disebabkan karena faktor catu tegangan yang kadang naik dan turun, juga faktor suhu/panas di sekitar. Maka pemancar yang demikian tidak layak untuk broadcast untuk daya yang besar, artinya jangan sampai dikuatkan untuk daya hingga 100san watt, fans pendengar dibuat pusing, tiba-tiba lho ko hilang siarannya. wah.. pemancarnya ngungsi...disamping bisa  mengganggu stasiun pemancar lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar